Profil Kami

ADA APA DENGAN HUKUM KESEHATAN?

Berbagai kasus malpraktik telah terjadi di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir. Kasus-kasus tersebut bukan hanya merugikan konsumen, tetapi juga para penyedia layanan kesehatan sendiri. Perlindungan terhadap petugas kesehatan juga perlu dikembangkan, selaras tanggung jawab pekerjaan yang semakin berat.

Pengembangan mutu sumberdaya manusia penyelenggara pelayanan kesehatan sangat menentukan keberhasilan upaya dan manajemen kesehatan. Sumberdaya manusia yang bermutu harus selalu mengikuti perkembangan kondisi, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, tata aturan pelayanan kesehatan dan prosedur pengawasannya sudah saatnya untuk dikembangkan. Terkait dengan hal ini, bidang Hukum Kesehatan menjadi kebutuhan vital. Terlebih lagi dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan dengan menjamurnya lembaga pelayanan kesehatan semakin menjadi pemicu kebutuhan akan bidang Hukum Kesehatan.

Kejelasan tata kelola pengaturan bidang Hukum Kesehatan menjadi sangat penting untuk dipahami oleh dokter atau penyelenggara pelayanan kesehatan, manjemen rumah sakit, perawat, ahli obat, manjemen apotek, supplier teknologi kesehatan dan konsumen.
Fakta lapangan menunjukkan jumlah sumber daya manusia penyelenggara kesehatan bermutu dan menerapkan nilai-nilai moral serta etika profesi masih terbatas, sehingga banyak terjadi pelanggaran dan/atau malpraktik. Oleh sebab itu, Program Pascasarjana Hukum Kesehatan perlu dikembangkan agar dapat membantu memperjelas pola hubungan antar stakeholders dan pola kerja pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan hukum yang berlaku.

VISI

Program Magister Hukum Kesehatan diselenggarakan dengan visi menjadi lembaga penyelenggara Program Pascasarjana bidang Hukum  Kesehatan yang unggul secara akademik baik pada tingkat nasional maupun global, terpercaya, menjunjung tinggi dan  mampu mengaktualisasikan nilai-nilai kemanusiaan, kerakyatan dan keadilan sosial dalam bidang hukum kesehatan.

 MISI

Untuk dapat mewujudkan visi sebagaimana dimaksud di atas, misi yang diemban adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan mendidik dan menghasilkan lulusan yang mampu:

  1. Mengembangkan hukum kesehatan sebagai salah satu sub sistem hukum di Indonesia
  2. Memahami dan menerapkan hukum dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika di bidang kesehatan
  3. Mengkaji dan mengkritisi hukum dan kebijakan di bidang kesehatan
  4. Memberikan mediasi di bidang hukum kesehatan, baik kelembagaan maupun perorangan.

PESERTA

Program Pascasarjana Hukum Kesehatan dapat diikuti oleh lulusan S1 dari berbagai disiplin keilmuan. Keahlian ini dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Apotek, Kantor Advokasi, Perusahaan Farmasi, Perusahaan Makanan dan berbagai Perusahaan supplier Teknologi Kesehatan. Jumlah mahasiswa per angkatan dibatasi untuk menjaga kualitas pengajaran.